SMP Islam NFBS Serang Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana Event 1 minggu yang lalu

SMP Islam NFBS Serang Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana

Serang – Mitigasi bencana merupakan salah satu pengetahuan yang wajib dimiliki oleh penduduk Indonesia sebagai sebuah negara yang rawan terjadi bencana alam, seperti: banjir, gempa, dll. Hal inilah yang menjadi latar belakang diadakannya pelatihan mitigasi bencana bagi santri SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang, 8-9 November 2022.

 

Pelatihan mitigasi bencana ini diisi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang dengan wilayah simulasi di sekitar Lapangan Sepakbola Umar bin Khattab untuk santri putra, sedangkan santri putri di halaman Masjid Al-Khaeriyah.

Para santri diberikan pengetahuan pra-bencana yang meliputi pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan. Pencegahan merupakan upaya santri untuk mengurangi atau menghilangkan bencana, seperti menanam pohon agar tidak terjadi longsor. Sedangkan mitigasi adalah upaya santri ketika terjadi bencana agar dampaknya bisa diminimalisir, mereka dibekali dengan keterampilan memadamkan api dan berbagai keterampilan lainnya.

 

 

Materi yang tak kalah pentingnya ialah kesiapsiagaan, yaitu bagaimana santri merencanakan persiapan sebelum terjadi bencana. Mereka dibekali untuk melakukan pemetaan titik-titik rawan bencana kemudian menentukan titik kumpulnya, dari tiga teori ini kemudian santri mensimulasikannya sesuai materi yang mereka dapatkan.

 

“Insya Allah, rangkaian kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengedukasi para santri NFBS Serang dalam rangka mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh bencana dan meningkatkan pengetahuan dalam menghadapinya”, ucap Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Islam NFBS Serang, Ustaz Ibrohim, S.Pd.