Tanamkan Budaya Penelitian, SMP Islam NFBS Serang Adakan “Sidang Karya Ilmiah” Event 5 hari yang lalu

Tanamkan Budaya Penelitian, SMP Islam NFBS Serang Adakan “Sidang Karya Ilmiah”

Serang – Seluruh santri kelas 8 SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang mengikuti sidang karya ilmiah yang telah mereka susun selama satu semester ini. Sidang digelar pada Sabtu (12/11) di berbagai Ruang Kelas SMP. Sebanyak 24 guru bertugas sebagai penguji dalam ajang yang menjadi sarana bagi santri dalam mengembangkan kemampuan penelitian mereka ini.

 

Bermacam judul karya ilmiah disusun oleh tiap kelompok yang terdiri dari tiga santri dengan berbagai tema, beberapa di antaranya ialah tema sains teknologi, kesehatan, bahasa, psikologi, dll. Pembuatan karil ini sudah berlangsung dari awal semester dan tiap kelompok dibimbing oleh satu orang guru.

 

Dalam sesi sidang, setiap kelompok mempresentasikan hasil karya ilmiah mereka di depan 2 orang guru penguji. Setelah diuji, beberapa karya ilmiah masih harus direvisi berdasarkan masukan dari penguji. Tiap ruang ujian memilih 1 karil terbaik yang akan kembali dipresentasikan lagi di final serta diambil 3 terbaik yang nantinya akan ditunjuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba karil tingkat nasional maupun internasional.

 

“Penyusunan karya ilmiah santri selama berbulan-bulan dan diakhiri dengan sidang karya ilmiah sebagai puncak kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama untuk melatih kemampuan santri dalam meneliti, menuliskan, dan mempresentasikannya santri di depan dewan penguji”, ujar Kepala SMP Islam NFBS Serang, Ustazah Nanik Restu Wardhani, SE.